Perbedaan Pendidikan Jasmani Dan Olahraga

Sebelum menjelaskan perbedaan Pendidikan jasmani dan olahraga, admin terlebih dahulu menjelaska pengertian Pendidikan dan Mendidik sebagai berikut:

Pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.


Definisi Pendidikan Jasmani Menurut Para Ahli :

James A.Baley dan David A.Field (2001; dalam Freemen, 2001). Pendidikan fisikal adalah aktifitas jasmani yang membutuhkan upaya yang sungguh-sungguh. Lebih lanjut kedua ahli ini menyebutkan bahwa: 'Pendidikan jasmani adalah suatu proses terjadinya adaptasi dan pembelajaran secara organik, neuromascular, intelektual, sosial, kultural, emosional, dan estetika yang dihasilkan dari proses pemilihan berbagai aktifitas jasmani'.

Bucher, (1979). Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari suatu proses pendidikan secara keseluruhan, adalah proses pendidikan melalui kegiatan fisik yang dipilih untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan organik, neoromuscular, interperatif, sosial, dan emosional.

Freeman (2001:5). Pendidikan jasmani memusatkan diri pada semua bentuk kegiatan aktifitas jasmani yang mengaktifkan otot-otot besar (gross motorik), memusatkan diri pada gerak fisikal dalam permainan, olahraga, dan fungsi dasar tubuh manusia.

Barrow (2001: dalam Freeman, 2001). Pendidikan jasmani dapat didefinisikan sebagai pendidikan tentang dan melalui gerak insani, ketika tujuan kependidikan dicapai melaui media aktifitas otot-otot, termasuk : olahraga (sport), permainan, senam, dan latihan jasmani (exercise). Hasil yang ingin dicapai adalah individu yang terdidik secara fisik. Nilai ini menjadi salah satu bagian nilai individu yang terdidik, dan bermakna hanya ketika berhubungan dengan sisi kehidupan individu.


Definisi Olahraga menurut Para Ahli

Edward (1973). Olahraga harus bergerak dari konsep bermain, games, dan sport. Ruang lingkup bermain mempunyai karakteristik antara lain : a. Terpisah dari rutinitas, b. Bebas, c. Tidak produktif, d. Menggunakan peraturanyang tidak baku. Ruang lingkup pada games mempunyai karakteristik ; a.ada kompetisi, b.hasil ditentukan oleh ketrampilan fisik, strategi, kesempatan. Sedanngkan ruang lingkup sport; permainan yang dilembagakan.

Cholik Mutohir olahraga. Olahraga adalah proses sistematik yang berupa segala kegiatan atau usaha yang dapat mendorong mengembangkan dan membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat dalam bentuk permainan, perlombaan/pertandinga, dan prestasi puncak dalam pembentukan manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas berdasarkan Pancasila.

Webster's New Collegiate Dictonary (1980). Olahraga adalah ikut seta dalam aktifitas fisik untuk mendapatkan kesenangan, dan aktivitas khusus seperti berburu atau dalam olahraga pertandingan (athletic games di Amerika Serikat).


Unsur-unsur Pendidikan:
  1. Usaha itu bersifat bimbingan dan di lakukan secara sadar.
  2. Ada pendidik atau bimbingan, penolong.
  3. Ada yang di didik.
  4. Bimbingan mempunyai dasar dan tujuan.
  5. Dalam usaha itu ada alat-alat yang di pergunakan.


Mendidik adalah memberi pertolongan secara sadar dan sengaja kepada seorang anak dalam pertumbuhannya menuju ke arah kedewasaan dalam arti dapat berdiri sendiri dan bertanggung jawab susila atas segala tindakannya menurut pilihannya sendiri.

PERBEDAAN PENDIDIKAN JASMANI DAN PENDIDIKAN OLAHRAGA

Pendidikan Jasmani menekankan pada pemanfaatan aktivitas jasmani yang dapat berupa: olahraga, rekreasi, petualangan, permainan, dan aktivitas fisik lainnya. sedangkan,

Pendidikan Olahraga menekankan pada pemanfaatan aktivitas olahraga untuk mencapai tujuan pendidikan dan tujuan peningkatan kemampuan olahraga anak didik

Jadi perbedaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga 

Pendidikan jasmani (physical education) digunakan untuk kelangan pendidikan sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Sedangkan Olahraga (Sport)  untuk kegiatan diluar pendidikan yang berorientasi pada peningkatan prestasi melalui pertandingan dan perlombaan.

Perbedaan PenJas dan Olahraga

Pendidikan Jasmani:
  • Pemahaman gerak
  • Berpacu pada satuan kurikulum
  • Subyeknya pelajar
  • Pribadi anak seluruhnya
  • Entry Behavior
  • Pengaturan disesuaikan
  • Gerak kehidupan sehari-hari
  • Perhatian ekstra pada anak lamban
  • Tidak mesti bertanding
  • Wajib

Olahraga
  • Prestasi
  • Bebas
  • Subyeknya atlet
  • Kinerja motorik
  • Talent Scouting
  • Aturan baku
  • Gerak fungsional cabang
  • Ditinggalkan
  • Selalu bertanding
  • Bebas


Dikatakan status pendidikan jasmani di anggap kurang penting dan tidak menentukan karier masa depan, di antaranya :
  1. faktor ketenangan khususnya guru yang menangani bidang study tersebut tidak sesuai dengan tugasnya.
  2. infrastruktur olahraga pendukung termasuk sarana dan prasarana.
  3. kekurangan dana untuk penyelenggaraan program yang akan menghasilkan perubahan yang bermakna.
  4. pemahaman dan penguasaan dasar-dasar penjas secara mendalam perlu di miliki oleh setiap penyelenggaraan pendidikan jasmani.


Daftar Pustaka
1. http://penjaskes-pendidikanjasmanikesehatan(dot)blogspot(dot)com/
2.http://berkasmakalah(dot)blogspot(dot)com/
3.http://ryoblogapiscerana(dot)blogspot(dot)com/


kharistyo.com Updated at: 6:23:00 PM

3 komentar:

  1. maaf mas, pengertian pendidikan olahraga itu kok seperti olahraga pendidika. bukannya beda?

    ReplyDelete

Search This Blog

Loading...

Post Terbaru

Entri Populer

Powered by Blogger.