Pengertian Filsafat Penjas Pendidikan Jasmani

Pengertian Fisafat Pendidikan Jasmani (PENJAS)

Sebagai cinta kebenaran, yang artinya keinginan untuk mencari nilai-nilai dan fakta-fakta nyata dalam kehidupan serta mengevaluasi dan menafsirkannya tanpa prasangka.

Filsafat menjelaskan tentang kehidupan dan prinsip-prinsip yang dapat di jadikan pedoman bagi kehidupan manusia.

pengertian filsafat pendidikan jasmani
Add caption
Pengertian Filsafat Secara Umum Para Ahli :
  1. Kamus Filsafat, secara etimologis, istilah filsafat berasal dari bahasa Yunani, Philo yang artinya "to love" yaitu cinta, menyenangi, suka, sahabat. Sophia artinya "wisdom" yaitu kebijaksanaan, kebenaran, ilmu pengetahuan. Dari dua kata itu dapat diketahui bahwa filsafat artinya cinta,menyenangi, suka atau menjadi sahabat kebijaksanaan, kebenaran dan ilmu pengetahuan (Noorsyan, 1986). (Hanurawan, Fattah dkk, 2006)
  2. Menurut Poedjawijatna (1974:11) filsafat itu sejenis pengetahuan yang berusaha mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan pikiran belaka.
  3. Hasbullah Bakry (1971:11) mendefinisikan filsafat ialah sejenis pengetahuan yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai keTuhanan, alam semesta, dan manusia sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana hakikatnya sejauh yang dapat dicapai akal manusia dan bagaimana sikap manusia itu seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu.
  4. Bertrand Russel mendefinisikan filsafat sebagai the attemp to answer ultimate question critically (Park,1960:3) yang berarti tugas filsafat adalah menjawab pertanyaan yang tinggi.
artikel lain : Rangkuman PENDIDIKAN REKREASI

Filsafat Pendidikan Jasmani
  • bertujuan mengarahkan guru pendidikan jasmani dalam menetapkan keputusan dan tindakan yang dihadapi dalam pendidikan jasmani.
Sumbangan unik dari pendidikan jasmani, yaitu :
  • Meningkatkan kebugaran jasmani dan kesehatan siswa
  • Meningkatkan penguasaan keterampilan fisik
  • Meningkatkan pengertian siswa dalam prinsip-prinsip gerak serta bagaimana menerapkannya dalam praktek.
Filsafat Olahraga
Filsafat olahraga merupakan pemikiran tentang keterlibatan manusia dalam aktivitas jasmani. Mengkaji pendidikan jasmani dan olahraga dari berbagai posisi pemikiran filsafat akan mendukung penjelasan dan pemahaman tentang filsafat, nilai tujuan dan cakupan pendidikan jasmani dan olahraga.

Kesimpulan:

Filsafat secara umumDari beberapa penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa filsafat adalah pemikiran yang sangat mendalam untuk menggali makna dari kenyataan yang sudah ada dan bagaimana menyikapi pemikiran tersebut menggunakan akal pikiran.

Filsafat Pendidikan Jasmani
 Filsafat Pendidikan Jasmani adalah sebuah pemikiran yang mendalam tentang pendidikan jasmani yang tujuannya mengarahkan guru pendidikan jasmani dalam mengambil keputusan dalam kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani guna mencapai tujuan pembelajaran.

Filsafat Olahraga
Filsafat Olahraga adalah pemikiran mendalam tentang keterlibatan seseorang dalam kegiatan olahraga atau aktivitas jasmani yang didalamnya juga mengkaji tentang aspek mental.


Filsafat merupakan tingkatan pengetahuan yang paling tinggi di antaranya ada 4 tingkatan, sebagai berikut:
  1. Tingkatan Emosional : pengetahuan di dasarkan pada keuntungan dan kerugian berdasarkan pengalaman individu masing-masing.
  2. Tingkatan Faktual : pengetahuan didasarkan pada bukti-bukti atau informasi statistik yang mendukung gagasan.
  3. Tingkatan Explanatori : pengetahuan dihasilkan sebagai kombinasi antara data factual dan data teoritikal.
  4. Tingkatan Filosofis : pengetahuan yang paling tinggi yang melibatkan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan apakah benar dan apakah yang bermanfaat.  
artikel lain : PERBEDAAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA

KOMPONEN-KOMPONEN FILSAFAT DASAR-DASAR PENJAS

  1. Metafisika : prinsip-prinsip keberadaan terutama yang behubungan dengan aspek nonfisik.
  2. Aksiologi : membantu menentukan sudut pandang kebenaran pada sudut pandang itu berlaku.
  3. Etika : sub bagian dari aksiologi yang lebih bersifat individual dan perseorangan ( dan etika berfungsi sebagai dasar bagi individu untuk berbuat ).
  4. Logika : menjelaskan tentang langkah-langkah berfikir yang seharusnya di tempuh serta menempatkan  gagasan sehingga dapat membuahkan hasil pemikiran yang kuat.
  5. Estetika : bidang garapan untuk menentukan kriteria yang berhubungan dengan seni.


Daftar Pustaka
http://blog.tp.ac.id
http://umanhakim.blogspot.com
http://kamarudin05.blogspot.com
http://makalahmajannaii.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Filsafat Penjas Pendidikan Jasmani"

Post a Comment