Makalah Taktik dan Strategi Permainan Bola Volly



Kata pengantar

                  Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada tuhan yang maha esa, karena atas berkat dan limpahan rahmatnyalah maka saya boleh menyelesaikan sebuah karya tulis dengan tepat waktu.

                  Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah makalah dengan judul "Taktik dan Strategi Permainan Bola Volly", yang mmenurut saya dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita untuk mempelajari permainan bola volly.

                  Melalui kata pengantar ini penulis lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bila mana isi makalah ini ada kekurangan dan ada tulisan yang saya buat kurang tepat atau menyinggu perasaan pembaca.

                 Dengan ini saya mempersembahkan makalah ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga allah SWT memberkahi makalah ini sehingga dapat memberikan manfaat.

                                                                             
                                                                                       Kediri,     April 2013                                            


                                                                                              
                                                                                     Kharistyo.blogspot.com


Daftar Isi

SAMPUL BUKU   ………………...…………………………………………………………………..…..     i
KATA PENGANTAR  …………………………………………………………………………………….    ii
DAFTAR ISI     …………………………………………………………………….………………………   iii
BAB I  PENDAHULUAN  …………………………………………………………….…………………..    1
A.     RUMUSAN MASALAH  ……………………………………………………………………….    1
B.     TUJUAN  …………………………………………………………………...…………………...   
BAB II PEMBAHASAN  ………………………………………………………………………………….    2
A.     PENGERTIAN TAKTIK  ……………………………………………………………………..   2
B.     MACAM-MACAM TAKTIK  ………………..……………………………………………...    2
C.     DEFINISI KESALAHAN DALAM PERMAINAN BOLA VOLLY    ……………..………    3
D.     TUGAS DAN WEWENANG WASIT  ………………………………………………………….4

DAFTAR PUSTAKA  …………………………………………………………………………………...    5


BAB I  PENDAHULUAN
A.   Rumusan Masalah
a.Pengertian Taktik.
b.macam-macam taktik.
c.Devinisi kesalahan dalam permainan bola volley.
d.Tugas dan wewenang wasit 1 dan 2.

B.  TUJUAN
          Pembuatan makalah ini bertujuan untuk mengetahui tentang taktik dan strategi bola volly.



BAB II PEMBAHASAN

A.    Pengertian Taktik
   1)       Siasat yang dikerjakan pada saat bertanding, misalnya menipu atau mengecoh   lawan.
2)       Kreativitas dalam mencari senjata yang ampuh dan jitu untuk mengalahkan lawan secara efisien dan efektif.
3)       Menentukan sikap dan tindakan yang cepat, tepat, dan cermat untuk mengalahkan lawan atau memenangkan pertandingan.
4)       Atlet lebih berperan dari pada pelatih dalam tindakan taktik karena lansung menghadapi masalah didalam lapangan pertandingan.
5)       Taktik belum tentu selaras dengan strategi dalam penerapannya.


B.     Macam – macam Taktik
a.      Taktik Perorangan
            Taktik perorangan adalah siasat yang dilakukan oleh perorangan untuk mencari kemengangn dalam pertandingan secara sportif. Taktik perorangan dalam olah raga bola voli menyangkut bebrapa teknik secara individu (individual skill) yang dilakukan guna menipu atau mengelabui lawan. Taktik perorangan dapat diterapkan, baik saat menguasai bola maupun saat tidak menguasai bola.

1)       Taktik individu saat meenguasai bola (dalam keadaan menyerangan) antara lain sebagai berikut :
a)       Driving service, artinya servis yang dipukul sedemikian rupa sehingga jalan bola melengkung keras dan lewat sedikit diatas net;
b)       Floating service, artinya servis yang dipukul sedemikian rupa sehingga jalan bola keras serta bergelombang (mengambang) dan lewat sedikit di atas net;
c)       Dumb play adalah suatu tipuan dari seorang spiker ketika melihat blok lawan yang ketat dan tak mungkin ditembus, kemudian memukul bola secara pelan ke daerah yang kosong;
d)       Fake merupakan suatu pukulan tipuan yang sering dilakukan oleh pengumpan (stter), yaitu berpura-pura akan memberikan umpan kepada temannya, tetapi seketika itu ia menempatkan bola ke daerah yang kosong dan lain sebagainya.   
2)       Taktik perorangan saat tidak menguasai bola (defense), antara lain sebagai berikut :
a)       Menempatkan posisi diri yang baik agar teman mudah memberikan atau mengoper bola;
b)       Cover attack, artinya menutup daerah sendiri ketika lawan sedang menyerang ;
c)       Cover for defense, artinya menutup daerah sendiri ketika diserang lawan.

b.     Taktik Kelompok
                 Taktik kelompok merupakan suatu siaat yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Akan tetapi, pelaku grup taktik kurang dari jumlah seluruh tim (regu), antara lain sebagai berikut:
1)       Change of count artinya pertukaran tempat antarpemain;
2)       Decay, artinya pemain yang berpura-pura melompat seperti hendak melancarkan smash, tetapi temannya yang lain melancarkan smah;
3)        Blocker, artinya dua pemain atau lebih melkukan upaya membendung smash lawan.

c.      Taktik Beregu
Taktik beregu merupakan suatu taktik yang dilakukan oleh semua anggota tim (regu), baik dalam pertahanan maupun penyerangan untuk mencari kemenangan bertanding secara sportif. Dalam taktik beregu ada dua cara, yaitu :
1)       Cover close (menutup daerah secara rapat), dan
2)       Change of position (pertukaran posisi antarpemain).
                Taktik beregu dalam cabang olahraga bola voli saat menyerang (offensive) pada hakikatnya adalah penerapan teknik dan taktik yang dilakukan oleh individu, grup, atau tim secara keseluruhan yang berkaitan dan saling mendukung antara satu sama lainnya. Oleh karena itu, taktik dilaksanakan oleh para pemain ketika sedang bermain. Oleh karena itu, taktik dilaksanakan oleh para pemain ketika sedang bermain. Seharusnya, para pemain jeli melihat peluang, titik lemah, dan kekurangan lawan. Dalam permainan bola voli menuntut kreativitas dan improvisasi dalam menerapkan taktik. Hal tersebut karena permainan bola voli berlangsung secara cepat sehingga kecekatan para pemain dalam mengubah-ubah taktik perlu dilakukan agar tidak mudah dibaca oleh pemain lawan. Peran seorang kapten dan playmaker sangatlah strategi karena merekalah yang mengatur irama, pola, serta menyiasati penerapan berbagai taktik di lapangan. Biasanya, pemain yang memiliki kelebihan dalam mengatur taktik tim dalam melakukan penyeranga adalah seorang pengumpan (toaster atau tosser). Selain itu, peran seorang pelatih sangatlah besar dalam memberikan masukan, merubah formasi, dan memberikan arahan kepada para pemain saat jeda permainan (time out). Oleh karena itu, pelatih harus pandai dan jeli menganalisis pertandingan yang sedang berlansung. Semua itu dapat diperoleh berkat latihan yang tekun, ulet, dan terus-menerus sesuai program.
1         Taktik saat bertahan
                  Taktik bertahan (defensive) harus dipahami dan dikuasai dengan baik oleh semua pemain sehingga pada saat bermain dapat diterapkan dengan sebaik mungkin. Keuntungan dari penguasaan taktik bertahan, antara lain sebagai berikut:
a)       Taktik bertahan yang baik dapat merupakan titik awal untuk melakukan serangan balik yang efektif  dan efisien (counter attack);
b)       Taktik bertahan yang kurang baik biasanya akan mudah diketahui atau terbaca kelemahannya oleh lawan dan lawan akan segera melakukan serangan dan tekanan secara bertubi-tubi;
c)       Taktik bertahan merupakan titik awal untuk mengubah posisi bertahan menjadi posisi menyerang.
Taktik bertahan saat pertandingan bola voli berlansung dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut.
(1)     Posisi bertahan atau menunggu terhadap datangnya servis lawan
Biasanya untuk teknik bertahan terhadap datangnya servis lawan, penempatan pemain bentuknya menjadi 6 cara, antar lain sebagai berikut :
(a)     Posisi 2 sebagai pengumpan yang berdiri dekat net:
(b)     Posisi 3 sebagai pengumpan yang berdiri dekat net;
(c)     Posisi 4 sebagai pengumpan yang berdiri dekat net;
(d)     Posisi 1 sebagai pengumpan yang berlari dari posisinya ke tengah dekat net;
(e)     Posisi 5 sebagai pengumpan yang berlari dari posisinya ke tengah dekat net;
(f)      Posisi 6 sebagai pengumpan yang berlari dari posisinya ke tengah dekat net;
(2)     Posisi bertahan terhadap dayangnya smash dari lawan
Bertahan terhadap smash lawan, maksudnya membendung pukulan/smash lawan dengan merentangkan tangan diatas net tanpa boleh menyentuh net dan membuat cover. Cover bertujuan menutup daerah permainan sendiri dengan posisi pemain sesuai situasi permainan atau dengan cover close artinya menutup daerah secara tepat dan dilakukan seorang pemain yang menjaga dobelakang kawannya yang sedang melompat untuk memblok lawan.


                 Biasanya smash yang dilakukan oleh pihak lawan dilakukan dari tiga posisi. Oleh sebab itu, ada tiga posisi pertahanan terhadap serangan smash lawan, antara lain sebagai berikut :
(a)     Sistem pertahanan terhadap datangnya smash dari posisi lawn 2;
(b)     Sistem pertahanan terhadap datangnya smash dari posisi lawn 3;
(c)     Sistem pertahanan terhadap datangnya smash dari posisi lawn 4;
Perlu diperhatikan penempatkan pemain-pemain di daerah/tempat jurusan bola yang akan di smash. Untuk membendung pukulan / smash lawan yang baik adalah dengan tiga orang blocker karena system ini lebih rapat dan sukar ditembus lawan.
Dilikalau anda coba, dilihat dari susunannya, posisi pemain dilapangan dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu posisi pemain depan (forward player) dan posisi pemain belakang (block player). Pemain depan biasanya bertugas sebagai penyerangan dan sebagai pembendung serangan dari lawan.
 Pemain belakang lebih efektif sebagai pemain bertahan walaupun dalam pertandingan terkadang pemain belakang pun melakukan serangan. Urutan penempatan posisi dalam permainan bola voli sebagai berikut.
Berdasarkan tugas dan peranan seorang pemain dalam formasi tim bola voli dapat dikelompokkan menjadi empat bagian, antara lain sebagai berikut :
a.       Pengumpan (Tosser/setter);
b.       Pemukul (Smash/Spiker);
c.       Pembendung (Blocker);
d.       Penutup (Cover)


 A.   Devinisi Kesalahan Dalam Permainan Bola Volly
                       Kesalahan dalam permainan bola volly adalah kegiatan, kejadian atau  perbuatan yang terjadi tidak sesuai ketentuan di dalam permainan bola volley.






B.   Tugas Dan Wewenang Wasit
      Tugas, kewajiban dan wewenang wasit
1) Tugas-tugas wasit
·       Memimpin pertandingan agar dapat berjalan dengan lance,
·       Meningkatkan keterampilan dan kemampuan serta pengetahuan, tentang perwasitan bola       voli
·       Menyebarluaskan peraturan permainan di masyarakat
·       Meningkatkan mutu perwasitan di masyarakat pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya
2) Kewajiban dan wewenang wasit
·       Wasit berkewajiban memimpin pertandingan bola voli baik di tingkat cabang daerah, nasional maupun di tingkat internasional
·       Seorang wasit tidak berhak memimpin pertandingan di atas klasifikasi sertifikat yang dimilikinya.


DAFTAR PUSTAKA

Rosihan Anwar, Abdul Rozak, Ilmu Kalam, Bandung : Pustaka Setia, 2009
Nasution, Harun, Teologi Islam Aliran-aliran Sejarah Analisa Perbandingan, Jakarta : Universitas Indonesia Press, 2002
Abdul Hamid, Muhammad Muhyiddin, Prinsip-prinsip Dasar Ilmu Theologi Islam, Bandung : CV. Pustaka, 1998
Binyamin, Abrahamov, Tradisional dan Rasionalisme dalam Theologi Islam, Jakarta : Serambi Ilmu Semesta, 2002.
Bakar, Osman. Tauhid dan Sains. Bandung : Pustaka Hidayah. 1994
Ash-Shiddieqy, M. Hasbi. Sejarah dan Pengantar Ilmu Tuhid. Jakarta : Bulan Bintang, 1973.
http://kharistyo.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Taktik dan Strategi Permainan Bola Volly"

Post a Comment